Artikel ini, akan menjelaskan apa itu Google Ads, serta cara kerja Google Ads, dan kenapa harus kampanyekan iklan Anda di Google Ads.
Dalam satu detik, ada jutaan bahkan miliaran penelusuran di Google pencarian, sebagian besar halaman hasil penelusuran menayangkan iklan dari Google. Yang dibayar oleh penayang iklan, menggunakan Google Ads adalah cara yang paling efektif untuk mendorong traffic iklan yang relevan serta berkualitas ke situs ketika orang mencari sebuah produk atau layanan yang ditawarkan bisnis.
Google Ads |
Google Ads - Merupakan?
Google Ads adalah nama platform bayar per klik (PPC) Google, yang membantu pemilik bisnis mendapatkan visibilitas di semua properti Google. Materi iklan Google Ads yang paling umum adalah iklan penelusuran, yang tampil di halaman hasil mesin pencarian (SERP) untuk pencarian yang relevan dengan produk serta layanan pengiklan, pemilik bisnis juga bisa menggunakan Google Ads untuk kampanyekan iklan display, iklan shopping, iklan YouTube, dan iklan lainnya.
Iklan Pencarian Google - Telusur
Di bawah ini adalah contoh SERP Google yang berisi iklan. Ada dua bagian dari hasil berbayar, satu di atas hasil non bayar atau organik, dan satu di bawah.
Contoh: Iklan Penelusuran |
Iklan Gambar Google - Display
Seperti penjelasan di atas, Anda juga dapat menjalankan kampanye iklan Display yang muncul di Google Display Network, kumpulan ekstensif situs web pihak ketiga luar yang telah setuju untuk menayangkan iklan. Iklan Google Display dapat dalam bentuk format teks, gambar, video, atau media kaya, serta dapat ditargetkan secara berbeda seperti melalui audiens serta pemasaran ulang.
Contoh: Iklan Display |
Iklan Belanja - Google Shopping
Iklan belanja Google Shoping muncul di SERP biasa dan di tab belanja. Iklan ini bekerja secara berbeda dari iklan penelusuran biasa, karena tidak dapat menargetkan keyword atau kata kunci. Sebagai gantinya, pengiklan menyimpan katalog detail dari produknya dan Google akan mencocokkannya dengan pencarian. Namun, pengiklan dapat memberi tahu Google keyword atau kata kunci mana yang pengiklan tidak inginkan untuk iklan tersebut tampil.
Contoh: Iklan Shopping |
Iklan Google Youtube
Google memiliki, iklan YouTube melalui Google Ads. Pengiklan dapat membuat iklan teks, video, atau iklan gambar yang tampil selama dan sebelum video serta di tempat lain di platform. Penargetan iklan YouTube bekerja seperti penargetan.
Contoh: Iklan YouTube |
Kenapa Google Ads bisa tampil di SERP
Google Ads fokus pada keyword atau kata kunci, kata kata yang mungkin besar akan digunakan orang saat mencari produk. Ketika penayang iklan membuat kampanye pencarian di Google Ads, mereka membuat iklan dengan penawaran tertentu serta milih daftar keyword atau kata kunci untuk ditargetkan yang relevan dengan penawaran. Ketika orang melakukan pencarian di Google "dikenal juga sebagai kueri", Google akan periksa untuk melihat apakah ada pengiklan yang menawar keyword atu kata kunci yang relevan dengan keyword pencarian tersebut. Kalau ada, iklan akan tampil di SERP.
Cara Google menentukan iklan mana yang akan tampil? Masuk proses, lelang Google Ads.
Artikel ini menerangkan, secara jelas, cara lelang Google Ads di sini, tapi dikurangi untuk lebih cepat. Ketika, seorang mencari di Google, pengiklan menawar keyword atau Kata kunci yang relevan dengan kueri, Google akan memasukkan semua keywords atau kata kunci ke dalam lelang yang dianggap relevan per-akun.
Pertama akan memberi setiap keyword atau kata kunci. Skor Kualitas dari 1/10, berdasarkan relevansi dengan kueri serta faktor lain. Kemudian, akan memberi setiap Keyword atau kata kunci skor Peringkat Iklan dengan kalikan Skor Kualitas berikut tawaran maksimum pengiklan yang sesuai. Iklan dengan skor Peringkat Iklan tertinggi adalah iklan yang akan tampil.
Untuk menang lelang Google Ads melihat iklan Google pengiklan tampil untuk keyword atau kata kunci yang relevan, pengiklan harus optimalkan Skor Kualitas serta jumlah tawaran. Semakin tinggi Skor Kualitas pengiklan, berikut dengan jumlah tawaran pengiklan, semakin baik posisikan iklan penayang. Faktor faktor lain yang pengaruhi Skor Kualitas:
- Relevansi iklan Google dengan kueri pencarian
- Relevansi keyword atau kata kunci Google berikut grup iklan penayang
- Relevansi iklan dengan halaman landingnya
- Rasio klik tayang historis iklan serta grup iklannya
- Performa akun historis secara keseluruhan
Penayang atau pengiklan juga manfaat keseluruhan untuk memiliki skor kualitas tinggi.
Biaya yang lebih rendah Google memberi penghargaan kepada pengiklan dengan Skor Kualitas tinggi dengan menurunkan biaya per klik (BPK), membantu meningkatkan ROI.
Eksposur lebih tinggi. Jika pengiklan memiliki Skor Kualitas tinggi, iklan penayang akan lebih sering ditampilkan, dalam posisi yang lebih baik di SERP bagian atas vs. bagian bawah halaman. Hal ini memungkinkan pengiklan mendapatkan lebih banyak klik dan konversi tanpa harus menaikkan tawaran.